I have a dream

When I was just a little girl

I asked my mother, “What will I be?

Will I be pretty, will I be rich?”

Here’s what she said to me

“Que Sera, Sera

Whatever will be, will be

The future’s not ours to see

Que Sera, Sera

What will be, will be”

 

Waktu gue kecil, gue punya banyak banget cita-cita.
Namanya anak kecil, apa yang lagi ‘in’ ya itu yang dipengen.
Tapi gue enggak pernah tuh mau jadi dokter.
Serem liat orang sakit, hahaha..

Gue pernah pengen jadi kasir, bukan karena ngeliat dia asik mencet-mencet keyboard, tapi karena menurut gue, dia itu pinter.
Iya, waktu itu gue belum tau apa itu barcode dan apa fungsinya.
Gue pikir dia keren banget cuma liat barangnya apa, pencet-pencet, keluar harganya.
Ternyata oh ternyata..

Gue juga pernah pengen banget jadi designer karena tante gue baru aja punya butik waktu itu.
Rasanya keren kalau kita bisa bikin baju sendiri, lain dari yang lain.
Tapi apa daya..
Menggambar, paling tinggi gue dapet 78 dan itu gue udah girang bukan main.
Menjahit, gue selalu minta tolong temen gue buat kerjain tugasnya.
Milih baju? Itu urusan kakak gue.
Gagal jadi designer deh.

Trus enggak sengaja (bener deh, enggak sengaja) gue liat buku cici gue, dia nulis cerita gitu.
Dia rapi banget bikin cerita, ada kerangka karangan gitu (yang baru gue ketahui apa namanya bertahun-tahun kemudian)
Nah, gue iseng deh baca cerita dia.
Menurut gue, cerita dia menarik ya.
Dan akhirnya gue pun pengen jadi penulis.
Gue mulai sering bikin cerita atau puisi dan temen-temen gue bilang itu bagus.
Tapi, gue susah banget bikin karangan sampe selesai.
Mudah memulai tapi bingung mau bikin endingnya.
Sampe sekarang, gue masih suka nulis.
Gue masih tetep pengen jadi penulis, masih suka menulis.
Tapi, kalau ditanya ada cerita gue yang selesai atau enggak, jawabannya ada sih.
Cuma bisa diitung pake jari.

Terus, sejak gue mulai tinggal di asrama, sekitar kelas 5 SD, gue mulai pengen jadi guru.
Semua dimulai karena gue deket sama guru-guru gue.
Didukung oleh keisengan gue dan temen-temen gue, bikin sekolah-sekolahan gitu di asrama.
Dan saat gue bilang mau jadi guru, kebanyakan orang bilang, “Ngapain?”
Bahkan saat gue bilang soal cita-cita gue ke guru SMP, reaksi mereka (ya, mereka, bukan cuma satu orang) adalah “JANGAN! Jadi guru itu gak enak, capeknya bukan cuma fisik, tapi hati sama pikiran. Gaji kecil pula”
Bingung lah gue.
Trus kenapa anda jadi guru ?
Mereka senyum dan jawab, “Panggilan jiwa. Makanya, kamu mendingan pikirin baik-baik. Jadi guru itu susah, kalau bukan karena panggilan jiwa, kamu pasti nyesel”

Dan akhirnya, gue bener-bener ngerti apa yang mereka maksud.
Setelah gue jadi guru, gue ngerasain deh tuh yang namanya cape fisik, otak sama hati.
Apalagi gue guru TK.
Yang namanya suara abis karna teriak-teriak tuh udah hal yang lumrah.
Denger complain dari orangtua murid tuh udah kayak makanan sehari-hari.
Tensi darah meningkat drastis gara-gara murid susah diatur, susah ngerti, susah diajak ngomong.
Malah untuk kasus gue, gue kadang butuh jasa penerjemah karena anak murid gue ada yang cuma bisa bahasa Mandarin.
Nilai bahasa Mandarin gue waktu SMA sih bagus, tapi itu kan karna dari kelas 1-3 buku dan topiknya sama terus.
Gimana gak bagus ?
Tapi, biarpun begitu melelahkan, begitu menyakitkan (cielah..)
Gue tetep bangga, seneng dan bersyukur bisa jadi guru.
Liat murid gue yang paling lemot dan males bisa nulis sendiri tanpa dibantuin, itu rasanya kayak ketemu Queen Elizabeth II di istananya.
Liat murid gue main trus ketawa-ketawa, rasanya kayak nonton Linkin Park konser secara live.
Perumpamaan gue agak susah dimengerti ya ?
Intinya sih, biarpun sulit dan melelahkan, gue tetep berbahagia menjadi seorang guru.

Apa jadi guru menjamin kebahagiaan seseorang ?
Enggak lah..
Kebahagiaan itu dateng saat kita melakukan apa yang kita cintai dan mencintai apa yang kita lakukan.
Kalau kata agnes monica,
Dream, Believe and Make it Happened.
Enggak ada mimpi yang gak mungkin terwujud selama kita mau dan percaya.
So, what’s your dream ?
🙂

Advertisements

One thought on “I have a dream

  1. Pingback: #TantanganMenulis – Tentang Impian | Miss ZP

Share your thoughts with me :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s