Book Review: Jodoh Monica

Jodoh Monica

Judul: Jodoh Monica

Penulis: Alberthiene Endah

Penerbit: PT. Gramedia Utama

Tebal: 344 halaman

Cetakan ke-4, Februari 2012

Monica adalah wanita yang sedang berada di puncak karir. Siapa yang menyangka, di balik kesuksesannya, Monica sedang ketar-ketir karena belum juga mendapat jodoh. Tapi, tentu saja tidak ada yang boleh tahu tentang kegamangan Monica. Kasandra, teman baiknya, sangat menikmati kesendiriannya sehingga rasanya dia akan menertawakan Monica kalau tahu. Apalagi Arya, si setan alas yang senang meledeknya. Katanya, jodoh akan datang saat kita sudah sukses. Dimana jodohnya bersembunyi?

Buku ini sukses membuat saya “senam-otot-wajah” alias tersenyum selebar mungkin, mengerutkan kening dengan tidak percaya, mendelik sewot, dan berbagai macam ekspresi lainnya.

Ini bukan kali pertama saya membaca Jodoh Monica. Saya sudah pernah membacanya dan buku ini tetap membawa sensasi yang menyenangkan buat saya. Sayangnya, saya menemukan ada suatu detail dalam cerita yang sedikit janggal. Menurut saya, ada bagian yang kurang jelas dan sedikit membingungkan menjelang ending. Efek kejutan yang hendak diberikan oleh penulis menurut saya sedikit dipaksakan.

However, I still enjoy this book. Ide ceritanya sederhana dan menarik. Salah satu ciri Alberthiene Endah yang saya suka adalah dia bisa dengan apik menonjolkan kelemahan sekaligus kelebihan dari tiap tokoh. Tidak ada tokoh yang “superhero” sehingga terasa manusiawi sekali, tidak “terlalu drama”.

Tokoh favorit saya adalah Arya, si setan alas yang senang menggoda Monica. Menurut saya, dia jauh lebih menarik daripada si “tegetebete” Mike. Mungkin karena saya suka dengan cowok humoris dan santai, walau tentu tidak menolak “penyegaran mata” dari cowok flamboyan macam Mike.

Kalimat favorit saya adalah kalimat andalan Arya kalau bertemu Monica,

Monica… Mo nika’ kek, mo nggak kek, yang penting happy!”

Rate: ♥ ♥ ♥ ♥

Advertisements

Share your thoughts with me :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s