RPTRA: Bukti #Jakarta Tak Lebih Kejam Dari Ibu Tiri

Salah satu inovasi dari Pak Ahok yang paling saya senangi adalah Ruang Publik Terpadu Ramah anak alias RPTRA. Targetnya, akan ada sekitar 50 RPTRA yang dibangun di kawasan Jakarta dan rampung pada 2016.

Untuk mewujudkan program ini, Pemprov DKI Jakarta menggandeng perusahaan-perusahaan besar lewat program CSR. Salah satunya adalah PT. Gajah Tungal Tbk. yang membangun mendukung pembangunan RPTRA di kawasan Kembangan, Jakarta Barat.

RPTRA Kembangan

RPTRA Kembangan terdiri dari beberapa area: area taman, lapangan sepak bola, lapangan futsal ukuran 100 meter persegi, jogging track, taman bermain terpadu anak dan bangungan serba guna ramah anak seluas 8×21 meter persegi.

Dalam peresemian RPTRA Kembangan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise memberikan apresiasinya. Dalam pandangannya, fasilitas RPTRA sudah memenuhi kriteria Child Friendly Cities yang digagas PBB pada tahun 2000.

Tentu saja hal tersebut membanggakan warga Jakarta, setidaknya saya.

RPTRA ditujukan untuk mendukung pengoptimalan tumbuh-kembang anak di Jakarta. Selain itu, RPTRA diharapkan bisa menjadi sebuah sarana publik yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Contohnya, untuk kegiatan lingkungan, pernikahan, atau bahkan sekadar untuk warga saling bersosialisasi.

Di tengah kota yang sibuk ini, ruang publik yang ramah terhadap anak adalah suatu hal yang langka dan tentunya dirindukan.

Kenapa harus ramah terhadap anak? Anak-anak adalah ‘dasar’ dari sebuah komunitas. Dengan memperhatikan kesejahteraan anak, kita juga turut mendukung pertumbuhan bangsa ini ke depannya.

Lagipula, yang ramah untuk anak, tentunya juga aman untuk orang dewasa, kan? 😀

Semoga saja pembangunan RPTRA terus berjalan dengan lancar agar kota Jakarta semakin ‘ramah’ dan tak lebih kejam dari ibu tiri.

 

Love,

Zelie

Advertisements

One thought on “RPTRA: Bukti #Jakarta Tak Lebih Kejam Dari Ibu Tiri

  1. Pingback: Pasar Laris, (Bukan) Pasar Biasa | Miss ZP

Share your thoughts with me :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s