Mencoba Menjadi Youtuber

Halo semuanya!

Sudah cukup lama dari terakhir kali saya tulis post di blog. Sebenarnya sudah ada beberapa draft post, tapi entah kenapa terlalu malas untuk dilanjutkan *heh

Terima kasih buat kalian yang masih rajin memantau blog saya yang lebih sering absennya ini. Semoga kalian tetap senang baca tulisan saya, ya! *peluk sayang

Kali ini saya akan bercerita tentang proyek terbaru yang sedang saya jalankan. Yup, saya lagi menjajal jadi youtuber 😀

Buat kalian yang penasaran, bisa langsung cek channel saya di Youtube: Book-Admirer. Sebenarnya saya juga punya blog buku sih, kalau kalian belum tahu. Dan yah sama, blognya juga lagi jarang diperbarui *shy. Tapi kalau kalian penasaran, bisa cek kok! Blog buku saya namanya Book-Admirer juga.

Rencana saya sih, saya pengin update blog dan video secara berkala, seminggu sekali gitu. Doakan saja supaya saya rajin *amin.

Alasan saya memulai Booktube bisa dilihat di video saya yang berjudul Booktube Newbie Tag.

Paling mendasar sih karena iseng, tapi juga karena mikir gak ada salahnya nyoba suatu hal yang baru. Dan ternyata seru juga, lho! Nagih malah, hehe.

Meski tema besar dari channel saya adalah tentang buku, saya juga masih akan membahas berbagai hal lain dari kehidupan saya. Tapi sepertinya untuk daily vlog belum deh, karena gak ada waktu buat rekam-edit. Lagipula, hidup saya sepertinya tidak semenarik itu buat diceritakan setiap hari 😄

Namanya memulai suatu hal yang baru, paling tepat memang join komunitas yang bergerak di bidang yang sama. Biar sama-sama belajar, saling support, dan juga saling tukar cerita. Saya gabung sama Booktube Indonesia yang bisa kalian cek Instagramnya: @booktubeid

Oh ya, jujur saja, awalnya tuh saya kira bikin video Youtube ya gampang aja. Ternyata capek juga, lho.

Saya akan share ke kalian gimana proses saya untuk bikin satu video, ya.

Yang paling pertama, cari tema yang menarik. Untuk permulaan, saya percaya kalau lebih baik kita lihat aja tema yang umum, simple, dan nyaman juga buat kita lakuin. Contohnya kayak saya, bikin video Booktube Newbie Tag. Soalnya di situ saya udah baca duluan kan, pertanyaannya apa aja. Saya rasa saya bisa jawab dengan mudah. Terus, itu juga lumayan bikin orang bisa tahu siapa saya dan apa yang bakal mereka harapkan saat nonton video saya, atau untuk video-video selanjutnya.

Kedua, saya membuat kerangka ide. Jadi, saya tuliskan ide-ide pokok yang akan saya bahas di video. Seringnya sih, saya improvisasi juga. Tapi, kalau gak ada kerangka ide, bisa kebanyakan cengo deh pas lagi rekaman. Gak tau mau ngomong apa, hehe.

Terus ketiga, saya rekam videonya. *yaiyalah 😄

Saya cuma hendak menekankan kalau pembuatan kerangka ide itu tetap penting sebelum merekam video. Apalagi kalau kita bukan bikin daily vlog. Kasian juga kan, kalau orang musti lihat kita bengong-bengong atau ngomong gak jelas selama sekian menit karena kita kurang matang di konsep.

Atau, kalaupun kamu merasa bisa di-edit nantinya, itu kerjaan banget, serius.

Tapi saya juga sarankan agar kamu jangan terlalu obsesif. Rekaman itu gak perlu satu kali take jadi, apalagi kalau pemula. Tapi juga gak perlu sampe take berulang-ulang, demi dapet yang sempurna banget.

Kita semua adalah manusia biasa, yang tak sempurna dan kadang salah. Namun di hati kita hanya satu, cinta untuknya luar biasa..*abaikan

Di tahap keempat, alias edit video yang sudah direkam, prosesnya makan waktu paling lama.

Karena kita kan bakal lihat lagi nih,  hasil rekaman kita sebelumnya. Biasanya jadi menimbang-nimbang, mana yang bagus mana yang gak. Lalu nambahin efek, teks, dan sebagainya.

Kalau cerita soal edit, bakal panjang sih, jadi saya akan buat posting tersendiri soal pengalaman saya edit video. Tapi, bukan tutorial, ya. Masih amatir beneran saya, hehe.

Tahap kelima, unggah video di Youtube dengan yakin dan berani.

Percaya atau gak, biarpun udah selesai edit dari lama, mau diunggah tuh rasanya berat banget.

Lebih ke arah gak pede gitu, deh. Kayak mikir lagi, udah bagus belum ya? Duh deskripisinya udah bener belum, ya? Tag yang harus ditulis apa aja, ya? Gimana kalau pada gak suka? Gimana kalau gak ada yang nonton?

Saran saya, kalau udah selesai edit, langsung aja unggah tanpa dipikirin macem-macem.

Judul, deskripsi, dan sebagainya bisa diganti dengan mudah, kok. Gak seribet edit videonya. Jadi, berani aja!

Dan akhirnya, belajarlah dari karya orang lain dan hargailah karyamu sendiri.

 

 

Sering kali kita terlalu angkuh untuk mengakui ada orang lain yang lebih hebat sehingga malas belajar. Tapi tak jarang juga kita terlalu malu untuk melihat karya kita tak kalah bagusnya.

Selalu ada orang yang lebih baik dari kita. Meski demikian, bukan berarti kita tidak akan pernah menghasilkan karya yang baik.

Just do your best and don’t give up on something that you believe.

Jadi, semangat terus untuk berkarya, teman-teman! Saya pun masih akan terus belajar untuk menjadi lebih baik 🙂

 

Salam sayang,

Zelie

Advertisements

4 thoughts on “Mencoba Menjadi Youtuber

  1. Semoga keinginannya bisa terwujud semua, ya! Hihihii..

    Aku juga pernah mau aktif di Youtube. Tapi entah, kok susab banget. Dan emang gak pernah diseriusin juga sih. Haha

    • Hi Nurri, thanks ya udah mampir!

      Wah, sayang juga ya! Gak gitu susah sih menurutku, walau emang ya gak gampang juga kayak dugaanku sebelumnya hehhe.

Share your thoughts with me :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s